Minggu, 04 April 2010

Setahun Kemarin, Selamat :)

I was reading through my facebook wall, when I found Senja's note: http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&id=1319817677#!/notes/senza-arsendy/waw-/415673357164 

Yap gw baru inget hari ini, tepatnya hari ini setahun yang lalu, gw officially keterima di Universitas Indonesia, universitas impian gw sejak kecil. Abis liat notenya Senja, like flashes of photographs, gw inget gimana perjuangan gw dulu, sampe akhirnya gw diterima.

Dari awal kelas 3 SMA, gw bener-bener nggak punya ide bakal masuk jurusan apa. Yang gw tau: gw mau masuk UI. gw harus masuk UI. Jadi akhirnya gw ikut tes bakat sana sini, gw browsing internet buat nyari minat gw, bahkan gw ikut bonyok gw reuni di teknik UI dan nanya-nanya tentang fakultas itu. So far, gw biasa aja. Lempeng-lempeng aja. Man, I just can't find my passion! Sementara tes tes masuk universitas negri makin deket, gw masih bergulat sama pikiran gw, mencari masa depan. 

Suatu hari di kondangan *ya gw inget banget ini di kondangan tiba-tiba gak tau darimana asalnya gw nanya ke nyokap. Ma, kalo aku pilih FKG aja gimana ya? Tapi aku takut darah. The thing is my grandma is a dentist, and nobody in our family wants to be a dentist. Padahal ponakan-ponakan eyang gw banyak banget yang dokter gigi. Eyang gw bilang kalo nggak ada yang nerusin jadi dokter gigi, kliniknya gimana? Alat-alatnya sayang. Entah kenapa gw yang amat anti jadi dokter baik dokter badan maupun dokter gigi tiba-tiba tertarik sama dunia pergigian. Gw sebenernya sangat suka biologi. The thing is, I just can't see blood! Hah repot kaan. Yah gw pikir-pikir mungkin makin lama akan makin terbiasa dan gak takut lagi. 

Oh ya gw lupa, yang lebih membingungkan lagi adalah gw awalnya bener-bener gak mau ambil ips atau ipc karena gw takut gak akan sanggup belajar sebanyak itu. Lagian gw gak begitu pinter ngafal, gw lebih suka ngitung. Another problem is gw BENCI fisika sebenci-bencinya! Gw bener-bener gak mudeng sama pelajaran yang satu itu. Dan kalo dipikir-pikir bidang ipa ya isinya kebanyakan teknik, which is full of physics; komputer, which gw gak gitu tertarik; dan kedokteran which is scary and gw yakin ga bakal kuat. Tapi setelah gw pikir-pikir, hmm FKG? Fair enough. Gak dokter-dokter amat, tapi gak sebanyak teknik juga fisikanya. So it's final! Gw mau jadi dokter gigi. Mau jadi penerus eyang gw.

So there, gw udah dapet pencerahan. Gw belajar kayak orang gila. Gw ke sekolah pagi-pagi banget. Jam 6, padahal rumah gw cuma 5 menit dari sekolah. Sampe di sekolah gw ditemani ipod gw berperang melawan kumpulan soal-soal snmptn yang sangat gaul di kalangan anak SMA kelas 3. Mau gaul? Bawa buku kumpulan soal snmptn! Gw ngerjain soal-soal sampe guru gw masuk kelas, kadang-kadang bahas soal bareng temen-temen. Saat pelajaran di mulai dan pelajarannya gak penting atau gurunya ngajarnya zzz gw kembali mengerjakan soal snmptn. Pokoknya gitu sampe pulang sekolah. Pulang sekolah gw dan temen-temen solat dzuhur di masjid sekolah dan langsung caw ke bimbel tercinta gw O'friends. This is like the best bimbel! Suasananya kayak rumah terus guru-gurunya kocak-kocak. Pokoknya belajar jadi seru dan masuk banget deh. Bimbel selesai jam setengah 7 malem. Abis itu biasanya gw sama Diza dan geng tambahan langsung bergegas ke tukang sate atau nasi goreng dan makan kayak orang gila. Selesai makan? Ngerjain soal lagi sampe nyokap gw nyuruh-nyuruh pulang, biasanya jam 9 malem. Kadang abis pulang bimbel gw masih ngerjain soal lagi. Pokoknya gitu hampir tiap hari. Soal -soal are my best friends!
 Temen-temen bimbel, dengan moto: pantang pulang sebelum pintar!

Gak cuma gw yang belajar kayak orang gila, tapi hampir semua anak di sekolah gw, oh nggak, hampir semua anak SMA kelas 3 yang pengen banget masuk ptn pasti belajar seperti orang gila. Waktu kayaknya cepet banget, tiba-tiba udah tahun baru 2009. Semua orang makin kalap belajar. Nginep di bimbel buat belajar udah biasa banget. Dan akhirnya tiba waktunya buat pendaftaran SIMAK UI 2009. Yes, ini horror banget. Yang gw tau, gw bakal ambil FKG di pilihan pertama gw, but I have no idea what to pick beside that. Guru-guru bimbel gw menyarankan untuk ngambil D3 dan pararel juga biar chance masuknya lebih gede, tapi nyokap gw gak mau. Gw inget banget waktu itu lagi sore-sore di bimbel gw, gw abis konsultasi jurusan. Tiba-tiba hp gw berdering dering, nama nyokap gw muncul di layar. Gw angkat telponnya, ngobrol sebentar, gw lupa apa, dan tiba-tiba nyokap gw bilang "qy, kamu coba ipc aja deh biar pilihannya lebih banyak.." Gw: zooonkkk!! Demipaaw udah buka pendaftaran SIMAK dan berarti kurang lebih SIMAK tinggal sebulan dua bulan lagi nyokap gw tiba-tiba nyuruh gw ipc. 

Awalnya gw superraguragu karena yg udah gw bilang sebelomnya gw lemah di hapalan dan gw ga punya basic ips sama sekaliii. Bahkan waktu gw kelas 1 dan masih dapet pelajaran ips kerjaan gw cuma main sama tidur-tiduran di kelas! Tapi biasanya nyokap gw bener, jadi gw nurut aja. Gw langsung daftar kelas ipc dan belajar dengan lebih gila. Jadi abis kelas ipa gw selesai jam setengah 7 malem, gw masuk kelas ips sampe jam 8 apa setengah 9 gitu gw lupa. Abis itu gw tambahan lagi, ngerjain soal-soal lagi. Untungnya di kelas gw ada teman-teman seperkhianatan dari ipa juga hehhee. Biasanya gw, cumi, adisa, andre, dkk main saatnyakitaaaquiz dari buku soal-soal snmptn ips sama buku SKS ips. Gila buku itu sakti banget sumpah, bagi kalian yang tiba-tiba pengen ambil ips baca buku itu deh gw sangat sangat berterimakasih sama buku itu haha. Yang namanya bermain sambil belajar ya ini, seru bangett belajar pake quiz gini. Selain seru, pelajarannya jadi nempel banget. Gw ingin superberterimakasih sama geng saatnyakitaquiz asli, kalian sangat-sangat membantu belajar ips gw. Kalo waktu itu kita ga main quiz mungkin masa depan gw beda nantinyaa. Emang semua sudah direncanakan Allah kan? ;)
Gw lupa gw ikut tes yang mana dulu, tapi selain SIMAK, gw ngikutin beberapa tes ptn lain, soalnya nyokap gw bilang gw harus ptn atau ngulang lagi taun depan. Jadi akhirnya gw tes-tes aja semua, mencoba peruntungan. Lumayan juga sih tes-tesnya jadi buat latian mental sekaligus pengalaman sebelum gw nyimak. Gw ikut tes Undip dengan pilihan superngasal yaitu teknik industri dan teknik kimia (kalo gak salah tuh kan sampe lupa), dan ITS dengan pilihan yang lebih jauh lagi yaitu design produk industri, (padahal gambar paspasan!), teknik industri, dan teknik kimia (kalo gak salah lagi).
 
Ini dia kartu ujian ITS gw

Akhirnya SIMAK dateng juga. Gw menjadi psikosomatis. Gw sampe dapet sebulan 2 kali saking stressnya -,-" Oya, akhirnya gw milih Psikologi di pilihan kedua dan Teknologi Bioproses di pilihan ketiga SIMAK gw. Alasannya? Hmm gw sebenenya bingung diantara psiko sama komunikasi tapi nyokap gw bilang psiko aja soalnya pekerjaannya profesi jd gw nggeh aja. Pilihan ketiga? Gak tau juga ini agak ngasal, kalo gak salah gara-gara bab terakhir biologi kelas 3 gw bioteknologi terus gw pengen bikin makanan. zzz gatau juga apa hubungannya mungkin ada mungkin juga tidak. 

Gw bener-bener mempersiapkan diri dengan lebay. Gw bali pensil superbanyak, gw raut di 2 sisi. Ada kali tuh pensil 2b 4 biji gw bawa dan diraut di 2 sisi so I got 8. Gw banyak-banyak berdoa dan menjaga makanan. hahaha call me lebay, but I'm a neurotic one. 


1 Maret 2009

Hari H pun datang, gw pasrah. Gw dapet tes di SMA 68 Jakarta Pusat, which is SMAnya anaknya Pak Pardede. Penting? Penting. Gw dateng pagi dan gw ngeh sepanjang perjalanan gw ketemu banyak banget orang berbaju rapi dan membawa meja jalan. Hati dagdigdug tak karuan. Apalagi gw sangat bodoh fisika! Gw takut banget gak bisa ngerjain fisika satu pun atau malah salah dan nilai gw jadi minus. Gw ngerjain soal dengan lumayan tenang, tapi sebenernya soalnya beda banget dibanding dengan soal-soal yang pernah gw kerjain. Susah, tapi pasrah. Alhamdulillah gw ngerjain 4 soal fisika, 3 teori sok-sok pake logika, 1 ngasal eh nemu haha taudeh. Soal-soal ipsnya? Meh speechless. Gw cuma bertumpu sama tes kemampuan dasar deh. Akhirnya hari itu selesai juga. Gw gak begitu inget apa yg gw lakuin abis itu. Yang jelas, gw degdegan.

Gw tau menunggu hasilnya pasti lama, dan gw gak suka menunggu.


4 April 2009

Gw bangun jam 12 malem, khusus buat liat pengumuman. Jantung gw rasanya mau copot. Gw buka http://penerimaan.ui.ac.id dengan supergemetaaarrr. Komputer ada di kamar bonyok gw jadi mereka ikut nontonin. Gw baca bismillahirrahmanirrahim berkali-kali sebelom gw buka. Pada saat akhirnya gw kuat gw masukin id dan password gw, gw pencet ok dannn.....

Selamat Anda diterima di Universitas Indonesia jurusan Psikologi

Lupa itu jam 12 malem gw langsung tereak-tereak bareng nyokap gw dan sujud syukur. Masyaallah Alhamdulillah. Alhamdulillah gw bisa bikin orangtua gw seneng. Alhamdulillah semua yang udah gw usahain selama ini menghasilkan sesuatu yang baik. Gw emang gak diterima di FKG, tapi gw sangat bersyukur. Setelah gw pikir-pikir, yeah, psychology IS my passion.Thank you Allah, the greatest of the greatest :)

Gw juga sangat bersyukur karena kalo gw nggak diterima di UI, gw bakal sekolah di Semarang atau Surabaya, alhamdulillah gw diterima di ITS dan Undip. Dan kayaknya gw ga bakal ikut UMB karena tenggat waktu bayarnya sebelum pengumuman UMB. Gak apa-apa juga sebenernya tapi gw manja paraah. Gak yakin aja bakal survive sekolah sejauh itu dari rumah...


4 April 2010

Sekarang gw udah hampir 1 tahun di Psikologi UI. Walaupun awalnya agak sulit beradaptasi dengan dunia yang bener-bener baru, tapi gw sangat bersyukur gw ada di sini sekarang. Gw sangat suka kuliahnya, dosennya, lingkungannya, teman-teman, dan semuanya. This is what I wanna do, this is what I love to do. I found the thing that I really loved, because God guides me there. Mungkin kalau waktu itu gw ngotot mau FKG, gw nggak akan sebahagia sekarang. So you know, maybe you want something so bad but you didn't get it. It's okay, because I really do believe that God doesn't give you what you want, God gives you what you need.

 
The first time to wear the yellow jacket, with my beloved light blue makara, Psikologi UI tercinta :)

Alhamdulillah :) Semoga berakhir dengan baik pula, menjadi orang yang berguna bagi masyarakat. Amin

4 komentar:

Unknown mengatakan...

gua jadi langganan blog lu gini, gua suka baca tulisan2 simpel tapi nampol... hahhaa...

kalimat terakhir nampol! hahaha

"...I really do beli(e)ve that God doesn't give you what you want, God gives you what you need."

the speakerbird mengatakan...

wihii makasih kak hoho senang juga punya pembaca setia hahaha. oia e-nya ketinggalan haha. terimakasih terimakasih :D

Unknown mengatakan...

baca notes2 gua juga yaaa... hahaha

the speakerbird mengatakan...

haha okeee tag doong hohoho

Posting Komentar